Blog Detail

Tenda Plafon

Mengenal Tenda Plafon yang Biasa Digunakan Untuk Pesta

Jaya Tenda Group
No Comments

Dalam sebuah pesta, ada beberapa hal yang tentunya perlu dipersiapkan. Tidak hanya biaya saja, tapi konsep dan lokasi juga perlu dipersiapkan.

Salah satu hal yang tentunya harus dipersiapkan adalah tenda untuk melangsungkan pesta. Jenis tenda bisa dipilih berdasarkan konsep acara. Ada banyak sekali jenis tenda yang biasanya digunakan untuk sebuah acara. Seperti tenda plafon, tenda terpal, tenda canopy dekorasi dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya, plafon merupakan tenda yang paling banyak dipilih dan digunakan. Tenda yang satu ini sangat mudah ditemukan dan biasanya tempat penyewaan dekorasi sebuah acara juga sering menawarkan tenda ini.

Pengertian Tenda Plafon

Tenda Plafon merupakan tenda berukuran besar yang memiliki kemiringan satu arah dan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Tenda ini adalh tenda terpal yang bagian langit-langitnya disii dengan kain berjenis satin polos. Dibagian pinggirnya, diberikan sebuah hiasan kerut rumbai-rumbai, yang bisanya berwarna merah, emas dan biru.

Tenda yang satu ini biasanya memiliki diameter 6×6 meter. Namun, ukuran tendanya bisa disesuaikan dengan tema acara. Untuk ketinggiannya, minimal 2,5 meter dan maksimal adalah 6 meter.

Jenis Tenda Plafon

Sebagai tenda pesta yang sering banyak digunakan, maka ada dua jenis plafon yang sering digunakan, yaitu full plafon dan plafon sudut. Untuk full plafon biasanya pada langit-langit tenda diisi dengan dengan kain putih biasa. Sedangkan untuk plafon sudut biasanya ditambahkan hiasan kain yang membentang dari 4 sudut tiang atasnya menuju tengah-tengah tenda.

Dalam sebuah acara pernikahan, akan lebih sering kita temui plafon sudut dengan berbagai macam warna. Biasanya, warna tenda disesuaikan dengan tema dan konsep sebuah acara.

Kegunaan Tenda Plafon

Selain untuk acara-acara outdoor, seperti pernikahan, ceremony, bazar, konser, dan pameran, tenda plafon juga biasa digunakan untuk acara-acara indoor dengan syarat tinggi atap gedung minimal 2 meter lebih tinggi dari tinggi tenda yang dipesan. Misalnya, tinggi tenda yang diesan adalah 2 meter, maka minimal tinggi atapnya adalah 4 meter.

Harga Tenda Plafon

Ada berbagai macam harga sewa yang ditawarkan oleh penjual tenda ini. Ada yang menyewakan permeter ada juga yang menyewakan perunit. Biasanya, untuk harga sewa permeternya berkisar antara Rp 25.000 – Rp. 30.000. Sedangkan, untuk harga sewa tenda perunit tergantung pada ukurannya.

Jika ukuran tenda pesta yang dipesan 3×6 meter, maka harganya bisa mencapai Rp 250.000. Sementara, untuk ukuran 8×6 meter, harga sewanya bisa mencapai Rp 550.000/unit. Untuk ukuran yang dipilih, biasanya disesuaikan dengan luas halaman yang menjadi lokasi pesta atau bisa juga disesuaikan dengan tema.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tenda

Sebelum memillih tenda untuk sebuah acara, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah tema. Hal ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan sebelum kamu memilih sebuah tenda. Jangan sampai tenda yang dipilih malah bertentangan dengan tema yang telah ditentukan. Saat kamu sudah menentukan temanya, maka akan lebih mudah untuk memilih jenis tenda yang sesuai.

Selain tema, kamu juga harus melakukan survey ke tempat penyewaan tenda di daerahmu. Hal ini berguna untuk melihat jenis-jenis tenda yang ada di sana. Namun, untuk tenda plafon sendiri biasanya sangat mudah ditemukan dalam tempat-tempat penyewaan tenda.

Menentukan jenis tenda pun merupakan sesuatu yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Sebelumnya, jika tema dan konsep sudah ditemukan, maka untuk menentukan jenis tenda yang dipilih pun akan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga perlu menentukan terlebih dahulu ukuran tenda. Ukuran tenda sendiri harus disesuaikan dengan banyaknya tamu yang akan diundang. Di mana, ukuran tenda harus lebih besar dari target undangan, karena berkaitan dengan prasmanan dan kursi tamu. Biasanya, saat menentukan ukuran tenda, akan ada rangka tenda pesta yang disediakan di tempat penyewaan.

Menentukan lokasi, perlu diperhatikan sebelum memilih tenda. Hal ini diperlukan untuk menghindari genangan air, jika acara dilakukan saat musim hujan. Terakhir adalah menentukan warna tenda yang biasanya disesuaikan dengan tema. Biasanya juga, warna tenda dikombinasikan dengan dekorasi yang dipilih.

Dekorasi Untuk Tenda Plafon

Ada berbagai macam dekorasi yang biasanya cocok untuk tenda plafon, seperti dekorasi casual, klasik, tradisional dan masih banyak yang lainnya. Untuk dekorasi tradisional, bisa kita lihat dalam pesta pernikahan yang dilangsungkan di halaman rumah. Di sana, kita bisa melihat bagaimana hiasan kain membentang dari 4 sudut di atasnya ke tengah-tengah tenda dan bisanya, di tengah-tengah itu akan dibentuk bunga dan lain sebagainya.

Untuk menghasilkan kesan romantis dan lembut, kamu bisa memadukan jenis tenda ini dengan berbagai macam hiasan sederhana. Seperti, ranting kering dan lampu-lampu kecil. Ranting yang kering bisa disimpan di bagian atas, tidak lupa diselingi dengan lampu yang kecil. Untuk warnanya, akan lebih bagus jika memilih warna putih atau cream.

Salah satu jenis tenda yang biasa digunakan untuk berbagai macam acara adalah tenda plafon. Tenda ini memiliki sirkulasi udara yang lancar, sehingga bisa menjadi alasan orang-orang untuk memilihnya. Selain itu, ada berbagai macam ukuran dan harga yang bisa disewa dan disesuaikan dengan tema acara. Bahkan, ada banyak kegunaan dan dekorasi yang bisa diterapkan pada tenda ini. Nah, bagaimana masih ragu dengan jenis tenda yang satu ini?

Please follow and like us:
error0

Artikel Terkait Lainnya :

Leave A Comment

WhatsApp WhatsApp Kami